Selamat datang di CHAP-Global Media Articles

Kamis, 10 Maret 2016

TIPS AMPUH CARA MENGENDALIKAN EMOSI MEMUNCAK

cara mengendalikan emosi diri
Disaat kamu merasa orang terdekat tidak dapat mengerti akan keadaan kamu, bahkan keadaan mereka membuat emosi kamu makin tersulut, kemudian mengingat banyaknya tugas yang belum juga kamu kerjakan juga. Mungkin hal ini akan membuat emosi semakin memuncak dan jika itu dibiarkan hanya akan membuat keadaan lebih buruk. Maka situasi tersebut adalah waktu dimana emosi kita tengah diuji maka sangat penting juga untuk mengetahui tentang bagaimana cara mengendalikan emosi itu.

Ilustrasi Emosi – img via Commons Wikipedia
Bagaimanapun mengendalikan emosi itu bisa di anggap sangat penting. Selain tidak baik bagi kesehatan emosi juga akan memancarkan aura negatif yang membuat kita semakin terpuruk. Kenyataannya kita sering tergelincir pada situasi yang kurang menguntungkan dalam memanajemen emosi. Kita kadang diuji dengan keadaan yang merugikan untuk dijalani, bahkan kerugian itu selalu datang bertubi-tubi yang pada akhirnya membuat emosi kita tersulut. Maka dari sini sangatlah penting untuk mengetahui bagaimana mengendalikan emosi diri. Berikut beberapa kiat bagaimana cara agar emosi dapat terkontrol dengan baik.

CARA MENGENDALIKAN EMOSI DIRI

  1. Dengan mengetahui penyebab munculnya emosi
Tips pertama dalam mengendalikan emosi untuk menjadi seseorang yang pandai dalam mengendalikan emosi yaitu dengan mengenali terlebih dahulu diri kita secara lebih dalam. Dalam hal ini disaat kita mulai merasakan emosi yang memuncak atau emosi yang akan keluar maka perlu kita cermati kenapa hal itu bisa terjadi, sehingga kita tau beberapa hal yang dapat memicu emosi kita. Kemudian kenali gerak tubuh yang menunjukkan kita sedang emosi, seperti tangan yang mulai berkeringat, jantung tang seakan berdetak lebih kencang dll, karena jika kita mengetahui hal ini maka kita dapat menghindari emosi yang memuncak jika dapat meminimalisir akar dari hal itu.
  1. Memberi otak lebih banyak waktu untuk berfikir
Kadang kita disaat emosi memuncak selalu melakukan sesuatu hal secara tiba-tiba yang pada akhirnya hanya akan membuat kita merasa menyesal pada apa yang telah kita lakukan. Maka penelitian menyebutkan salah satu cara mengendalikan emosi adalah dengan berhenti mengerjakan sesuatu selama 6 detik, karena dapat mengurangi tingkat emosi kita. Hal itu juga dapat membuat otak kita lebih mengajak kita untuk mengetahui apa yang akan kita lakukan dan dampaknya, untuk mengetahui benar dan salahnya apa yang akan kita lakukan.
  1. Lebih fokus kepada hal yang bisa kita kontrol
Mengenai sulitnya seseorang dalam mengendalikan emosi diri biasanya karena faktor dari luar. Seringkali yang dapat menyulut emosi kita karena faktor eksternal yang kurang dapat kita kendalikan, seperti bos yang sangatlah galak, atau kemacetan jalan dan juga teman kerja yang selalu bertindak ceroboh. Maka semua itu adalah hal diluar kemampuan kita untuk dapat mengubahnya. Sehingga untuk menanggapi semua itu maka sebaiknya kita mengerjakan apa yang dapat kita kerjakan, abaikan mereka untuk sementara dengan bekerja yang sungguh-sungguh dll.

BAGAIMANA CARA MENGENDALIKAN EMOSI ORANG LAIN

  1. Mendengarkan dan memahami emosi orang lain
Sebagaimana kita pernah merasakan dan memahami situasi orang yang sedang emosi umumnya haus akan perhatian, maka disaat orang lain sedang penuh dalam emosi maka kita pun alangkah lebih baik untuk lebih respect dalam memahami kerabat kita tersebut. Berikan perhatian dan tanyakan penyebab kemarahannya. Sadarkan dia dengan memberikan nasihat yang halus dan menyentuh hatinya.
  1. Dengan mengembangkan empati
Empati merupakan kepedulian tingkat tinggi dengan mengetahui apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dibutuhkan oleh orang lain, maka hal ini sangat penting karena terkait tentang kenyamanan dengan orang lain. Maka dengan empati biasanya emosi dapat lebih mudah untuk bisa diredam.
  1. Tuntutan lebih baik daripada kemarin.
Salah satu tips bagi kalian yang suka emosi adalah dengan membuat pencapaian mengenai emosi, karena dengan jelasnya pencapaian maka akan jelas pula usaha yang akan dikerjakan. Terkait dengan mengendalikan emosi, dengan menghitung berapa kali emosi dan berapa kali dapat mengendalikannya.
Demikian sekilas tentang bagaimana cara mengendalikan emosi kita, karena emosi sangatlah penting seakan emosilah yang menggerakkan keberhasilan apa yang sedang kita kerjakan atau apa yang sedang kita lakoni. Dan harus kita ketahui bahwa orang yang dapat mengendalikan emosi adalah orang yang sangatlah hebat.
source: http://www.masbroo.com/cara-mengendalikan-emosi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar